MAKALAH PERKEMBANGAN SOSIAL MEDIA DI INDONESIA

BAB I
PENDAHULUAN
1.1                Latar Belakang
Manusia adalah makhluk sosial, artinya manusia tidak bisa hidup tanpa manusia lain. Semua manusia pasti berinteraksi , bersosialisasi dan berkomunikasi. Antar sesama manusia pasti berinteraksi dan bersosialisasi dengan cara komunikasi verbal maupun non-verbal.

Pada saat ini, komunikasi sangatlah mudah dengan internet.  Internet adalah kumpulan  jaringan-jaringan di seluruh dunia yang terkoneksi menjadi sebuah jaringan global. Jaringan-jaringan yang terkoneksi ini memungkinkan berbagai aplikasi dilaksanakan antar komputer dalam jaringan internet dengan dukungan software dan hardware yang dibutuhkan. Seiring berkembangnya zaman, kemajuan teknologi internet semakin maju pesat. Di internet kita bisa bermain game, menonton, mencari informasi berupa data, gambar, suara atau video, dan kita juga bisa berinteraksi dengan pengguna internet di seluruh dunia melalui sosial  atau jejaring sosial. Sekarang ini sudah banyak menjamur di dunia berbagai sosial media dan jejaring sosial dengan berbagai fiturnya yang canggih. Sebut saja blog, faceook, twitter, google+, path, whatsapp, skype, wechat, BBM (Blackbeery Messenger) , dan lain lain.

Internet, sosial media dan jejaring sosial memang membawa perubahan bagi dunia, tetapi tetap saja disamping dampak positif pasti diiringi dengan dampak negatif terutama dalam hal pergaulan. Selanjutnya akan dibahas dalam bab selanjutnya.

1.2                Rumusan Masalah
1)      Bagaimana perkembangan media sosial dan jejaring sosial di Indonesia dan Dunia?
2)   Apa saja dampak positif dan dampak negatif dari media sosial dan jejaring sosial terhadap pergaulan?
3)      Bagaimana mencegah dampak negatif dari perkembangan media sosial dan jejaring sosial saat ini?


1.3                Tujuan
·         Mengetahui bagaimana perkembangan media sosial dan jejaring sosial di Indonesia dan Dunia
·         Memahami apa saja dampak positif dan negatif dari media sosial dan jejaring sosial dalam perkembangan pergaulan
·         Mengetahui dan memahami cara mengontrol dan mencegah dampak negatif dari media sosial dan jejaring sosial dalam perkembangan pergaulan





BAB II
PEMBAHASAN

2.1    Macam-macam Media Sosial dan Jejaring Sosial
1)      Facebook
Situs ini dibangun oleh Mark Zuckerberg, Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes. Pengguna facebook pada tahun 2013 adalah 1,19 Miliar pengguna. Facebook ini salah satu situs jejaring sosial terbesar di dunia. Tidak dikhususkan untuk suatu relasi sosial tertentu. Umur minimal untuk bisa megakses dan menggunakan facebook adalah 13 tahun.

2)      Twitter
Twitter dibangun oleh Jack Dorsey, Noah Glass, Evan Williams, dan Biz Stone pada 15 Juli 2006. Twitter memaang berfokus pada layanan micro blogging dan RSS untuk penyebaran informasi.

3)      Google+
Google juga ikut mengembangkan situs nya dalam jejaring sosial yang disebut google+. Diluncurkan pada 28 Juni 2011.

4)      Weibo
Weibo atau Sina Weibo dibangun pada Agustus 2009. Weibo sering disebut twitter-nya China.

5)      RenRen
RenRen juga sering disebut sebagai facebook-nya China. RenRen dibangun pada Desember 2005.

6)      LinkedIn
LinkedIn dikenal sebagai jejaring sosial pekerja professional. Menghubungkan  antar professional maupun dengan brand atau perusahaan. Situs ini dibangun Reid Hoffman,dkk pada tahun  2003.

7)      Badoo
Badoo didirikan oleh Andrey Andreev pada tahun 2006.



8)      Instagram
Instagram tak hanya sebuah jejaring sosial, tapi juga sebagai aplikasi pengolah gambar.

9)      Yelp
Yelp sering disebut jejaring sosial berbasis lokasi.

10)  Flickr
Flickr masih digunakan dikalangan pecinta fotografi.

11)  Orkut
Orkut juga merupakan jejaring sosial milik google.

12)   MySpace
MySpace dibangun oleh Chris DeWolfe dan Tom Anderson pada tahun 2003.

13)   Foursquare
Jejaring ini berbasis lokasi.

14)  Pinterest
Pinterest diluncurkan pada Maret 2009.

15)   Friendster
Sempat popular sebagai situs jejaring sosial, tapi Friendster kini fokus ke sosial game.

16)   Path
Path disebut sebagai  smart journal online. Path tetap menghubungkan pengguna dengan keluarga, kerabat, dan sahabat.

17)   GetGlue
GetGlue sempat popular beberapa waktu lalu, tapi kini jarang terdengar lagi.

18)   Bebo
Bebo didirikan pada 2005.

19)   Habbo
Haboo adalah  jejaring sosial asal Finlandia.

20)   MyYearbook
MyYearbook dibangun pada tahun 2005.

Dan masih banyak lagi situs jejaring sosial lainnya.


2.2    Perkembangan  sosial media dan jejaring sosial di Indonesia dan Dunia.

Media sosial adalah sebuah media online yang terkoneksi dimana para penggunanya dapat berbagi, berpartisipasi, berinteraksi dan bersosialisasi dalam dunia maya. Sedangkan jejaring sosial merupakan situs dimana setiap orang bisa membuat web page pribadi, kemudian terhubung dengan teman-teman untuk berbagi informasi dan komunikasi. Media sosial dan jejaring sosial mengajak siapa saja yang tertarik untuk berpartisipasi dengan member kontribusi dan feedback secara terbuka, memberi komentar serta membagi informasi dalam waktu yang cepat dan tak terbatas.

Sosial media dan jejaring sosial sangat popular di kalangan anak-anak, remaja, maupun orang dewasa. Dengan berkembangnya banyak media sosial dan jejaring sosial ini, perkembangan informasi dan komunikasi seperti tak adaa batasnya. Tak mengenal jarak maupun waktu. Di media sosial dan jejaring sosial, kita bisa berkenalan dengan orang luar daerah ataupun orang luar negri, mendapatkan komunikasi dan informasi secara cepat, dan saling berbagi dan bertukar informasi. Sebut saja Facebook dan Twitter, jejaring sosial paling popular saat ini. Facebook telah mengumpulkan sebanyak 1,19 Miliar pengguna yang tersebar diseluruh penjuru dunia. Dengan berbagai fitur dan kecanggihan sosial media dan jejaring sosial saat ini, bisa kapan saja dan dimana saja di akses oleh pengguna sehingga tidak ada batasan apapun dalam dunia maya.

Semakin pesatnya perkembangan internet, semakin tidak ada batasan pula dalam mengakses informasi. Berbagai informasi berupa data, gambar, music dan video pun dengan cepat dapat di akses. Informasi tentang pornografi pun meluas dengan pesatnya. Sekarang selain bisa mengakses internet di PC atau laptop , kita bisa mengakses internet di teleon seluler sehingga kita tetap bisa terkoneksi dimana saja dan kapan saja. Akibat dari pekembangan inilah Tentu selalu ada dampak negative dibalik dampak positif. Selanjutnya akan dibahas pada bab berikutnya.







2.2     Dampak positif dan negatif dari media sosial dan jejaring sosial dalam perkembangan pergaulan

A.    Dampak positif media sosial dan jejaring sosial dalam perkembangan pergaulan
·         Memperluas pergaulan dan jaringan pertemanan.
·         Sebagai ajang media promosi ,seperti bisnis online.
·         Keterbukaan (curhat dalam jejaring yang luas)
·         Mempererat tali silahturahmi, karna dapat saling berkomunikasi walau jarak jauh.
·         Cepat mendapatkan informasi terkini.
·         Sebagai Media refreshing.
·         Sarana diskusi. Di jejaring sosial atau sosial media kita bisa bergabung dengan berbagai komunitas atau grup.
·         Para siswa / mahasiswa tidak gagap teknologi, dapat mengikuti perkembangan era teknologisasi dunia dan dapat lebih produktif, efektif dan efisien dalam waktu, energy dan biaya karena ada sarana komunikasi yang memudahkan urusannya.
·         anak dan remaja akan termotivasi untuk belajar mengembangkan diri melalui teman-teman yang mereka jumpai secara online, karena mereka berinteraksi dan menerima umpan balik satu sama lain.
·         Situs jejaring sosial dan sosial media membuat anak dan remaja jadi lebih bersahahat,perhatian dan empati. Misalnya memberikan perhatian saat ada teman mereka berulang tahun, mengomentari foto, status, dan video teman mereka, menjaga hubungan persahabatan meski tak dapat bertemu secara fisik


B.     Dampak negatif media sosial dan jejaring sosial dalam perkembangan pergaulan
·         Membuat seseorang menjadi penyendiri dan susah bergaul.
·         Kurangnya sosialisasi dengan lingkungan
·         Menghamburkan uang
·         Dapat menyebabkan stress yang dibawa penyakit ini yaitu aktivitas otak dan tekanan darah meningkat karena terisolir dari internet.
·         Internet digunakan untuk melarikan diri dari perasaan bersalah, tidak berdaya, kecemasan dan depresi
·         Berani mengorbankan apapun demi internet, contohnya dia berani mencuri demi koneksi internet, dan lain lain.
·         Berlama-lama didepan media elektronik seperti komputer, laptop, atau ponsel juga menghancurkan secara perlahan-lahan kemampuan anak-anak dan kalangan dewasa muda untuk mempelajari kemampuan sosialdan membaca bahasa tubuh. Maksudnya dalah seseorang akan mengalami pengurangan interaksi dengan sesama mereka dalam jumlah menit per-hari nyamenyebabkan jumlah orang yang tidak dapat diajak berdiskusi mengenai masalah penting menjadi semakin meningkat setiap harinya.
·         Mengancam keamanan diri.
Banyak sekali orang melakukan penipuan dan kejahatan di jejaring sosial dan sosial media. Untuk itu kita harus hati-hati dalam bergaul di dunia maya. Abaikan ajakan menggiurkan dari orang yang kita tidak kenal. Keamanan tidak selalu dalam penipuan, tetapi juga penyalahgunaan nama kita, identitas lengkap dan foto-foto kita, dan merusak akun kita.
·         Banyaknya terjadi penculikan gadis akibat pergaulan bebas melalui jejaring sosial ataupun sosiall media.
·         Jejaring sosial dan sosial media juga digunakan untuk bisnis prostitusi.
·         Anak dan remaja menjadi malas belajar berkomunikasi di dunia nyata, tingkat pemahaman bahasa pun menjadi terganggu jika anak terlalu banyak berrkomunikasi di dunia maya.
·         Situs jejaring sosial akan membuat anak dan remaja lebih mementingkan diri sendiri. Mereka menjadi tidak sadar akan lingkungan sekitar mereka karena kebanyakan menghabiskan waktu di internet. Hal ini dapat mengakibatkan menjadi kurang berempati di dunia nyata.
·         Situs jejaring sosial adalah lahan subur bagi orang untuk melakukan kejahatan. Kita tidak akan pernah tau apakah seseorang yang kita kenal di internet menggunakan jati diri yang sesungguhnya atau tidak.


2.3    Cara mengontrol dan mencegah dampak negatif dari media sosial dan jejaring sosial dalam perkembangan pergaulan
·         Memberikan pemahaman kepada anak dan remaja tentang bahaya situs jejaring sosial dan sosial media.
·         Usahakan untuk tidak memberikan telepon seluler yang dapat mengakses internet (situs jejaring sosial)
·         Mengawasi anak dan remaja dalam berinteret atau berjejaring sosial.
·         Niat yang kuat untuk mengubah kebiasaan berlama-lama berselancar di jejaring sosial atau sosial media.
·         Atur ulang jadwal rutinitas.
·         Bijak dalam menggunakan jejaring sosial atau sosial media.
·         Bergaul secara wajar di dunia maya
·         Jangan biarkan anak mengaakses internet tanpa pantauan langsung.
·         Ciptakan lingkungan dan suasana keluarga yang hangat dan harmonis, ajaklah anak berdiskusi mengenai semua persoalan yang terjadi.


BAB III

PENUTUP

3.1    Kesimpulan

Jadi selain banyak keuntungan dalam jejaring sosial dan media sosial, pasti selalu ada kerugian dan ampak negatif nya. Dalam hal ini, kita harus bijak dalam penggunaan jejaring sosial dan media sosial, jangan sampai kita sibuk dengan internet sehingga membuat kita tidak berinteraksi terhadap lingkungan nyata di sekitar kita yang akan membuat jiwa sosialisasi kita berkurang.

3.2    Saran

Bagi para orang tua, selalulah awasi anak anda dan ajak dia berdiskusi tentang apa saja yang terjadi. Jangan biarkan anak anda hidup bebas di dunianya sendiri tanpa bimbingan dari orang tua. Selalulah jaga remaja putri kita karena di jejaring sosial dan sosial media telah banyak terjadi penculikan gadis dan bisnis prostitusi.


DAFTAR PUSTAKA


http://sidomi.com/145242/20-jejaring-sosial-terpopuler-di-dunia/
http://albadrln.wordpress.com/2012/06/01/jejaring-sosial-populer/
http://jenysukma.blogspot.com/2013/02/karya-tulis-pengaruh-jejaring-sosial_9.html
http://www.slideshare.net/adjiearrachman/pengaruh-situs-jejaring-sosial
http://tiafaira.blogspot.com/2009/11/pengaruh-jaringan-sosial-terhadap-para.html
http://bencerdas.web.id/2013/04/pengaruh-jejaring-sosial-bagi-dunia-remaja/

http://ahlan-kurniawan.blogspot.com/2011/07/solusi-pencegahan-dampak-negatif-bagi.html
loading...

Postingan terkait: