Ayat-Ayat Yang Pertama dan Terakhir Turun

Ayat-Ayat Yang Pertama dan Terakhir Turun
Ayat-Ayat Yang Pertama dan Terakhir Turun

Al-Qur’an diturunkan pada dua tempat, yaitu di Makkah dan di Madinah. Adapun ayat-ayat yang pertama turun adalah 5 ayat dari Surat Al-‘Alaq:
اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ
خَلَقَ الإنْسَانَ مِنْ عَلَقٍ
اقْرَأْ وَرَبُّكَ الأكْرَمُ
الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ
عَلَّمَ الإنْسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ
“1.  Bacalah  dengan  (menyebut)  nama  Tuhanmu  yang Menciptakan;  2.  Dia  telah  menciptakan  manusia  dari segumpal  darah;  3.  Bacalah,  dan  Tuhanmulah  yang Maha  Pemurah;  4.  Yang  mengajar  (manusia)  dengan perantaran kalam; 5. Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahui.” (QS. Al-‘Alaq/96: 1-5).

Ada yang berpendapat bahwa yang turun pertama adalah Ya ayyuhal muddassir  dan ada juga yang berpendapat yang turun pertama adalah Surat Al-Fathihah, tetapi yang terkuat adalah lima ayat dari Surat al-‘Alaq. Az-Zarkasyi menyebutkan  dalam  kitabnya  al-Burhan,  hadits Aisyah  yang menegaskan bahwa yang pertama kali turun adalah Iqra’bismi  rabbikalladzi  khalaq.

الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الْإِسْلَامَ دِينًا
Adapun ayat yang terakhir turun adalah ayat berikut.“Pada  hari  ini  telah  Ku-sempurnakan  untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu menjadi agama bagimu.” (QS. Al-Ma’idah/5: 3).

Ayat tersebut adalah bagian dari ayat 3 dalam Surat alMa’idah, turun di Padang Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah. Setelah  Nabi  membacakan  ayat  tersebut  di  depan  para shahabatnya, nampaklah raut muka Abu Bakar ash-Shiddiq kelihatan  sedih.  Kemudian Umar  bin Khattab  bertanya kepada Abu Bakar, "Ya Abu Bakar, mengapa raut muka anda kelihatan sedih setelah ayat tersebut (Al-Ma’idah ayat 3) dibacakan Nabi ?"  Jawab Abu Bakar, "Perhatikan ayat  tersebut  hai  Umar.  Karena  tugas Nabi  adalah membawa  pesan  ajaran  Islam,  kalau  Islam  telah sempurna, berarti tugas Nabi sudah selesai, aku khawatir kalau Nabi meninggalkan kita". Kehawatiran Abu  Bakar  ada  benarnya. Ada yang menyatakan bahwa setelah tiga bulan ayat tersebut turun, Nabi meninggal dunia dan ada juga yang menyatakan kurang lebih tiga bulan setelah ayat tersebut turun Nabi Muhammad SAW wafat.
loading...

Postingan terkait: