Jangka Waktu Turunnya Al-Qur'an

Jangka Waktu Turunnya Al-Qur'an

Waktu Turunnya Al-Qur'an
Al-Qur’an  diturunkan  pertama  kali  kepada  Nabi Muhammad  pada  malam  senin,  tanggal  17 Ramadhan bersamaan dengan tanggal, 6 Agustus 610 M. Lama turunnya Al-Qur’an, menurut pendapat Al-Khudlary dalam Tarikh Tasyri’, menetapkan bahwa lama tempo Nuzul Qur’an dari permulaannya sehingga penghabisannya, 22 tahun 2 bulan 22 hari, yakni dari malam 17 Ramadhan tahun 41 dari milad Nabi, hingga 9 Dzulhijjah hari haji Akbar tahun ke 10 dari hijrah, atau tahun 63 dari milad Nabi Muhammad SAW.[1]

Adapun jumlah ayat, terdapat perbedaan pendapat para Ulama’ maupun mufassir. Muhammad ‘Abd al-‘Azhim azZarqani dalam kitabnya  Manahil al-‘Irfan fi  ‘Ulum alQur’anmenyebutkan bahwa para penghitung jumlah ayatayat al-Qur’an sepakat pada angka 6200, tetapi berbeda pada puluhan dan satuannya. Menurut hitungan Ulama Madinah 6217 ayat, demikian pendapat Nafi’.

Menurut  Ulama Madinah  6214  ayat,  demikian pendapat Abi Syaibah dan 6210 ayat menurut Abu Ja’far. Menurut hitungan Ulama Makkah 6220  ayat.  Menurut Ulama Kuffah 6236 ayat, demikian pendapat Hamzah azZiyat. Ulama Basrah ada yang berpendapat 6204 ayat atau 6205 ayat dan ada juga yang berpendapat  6219  ayat, sebagaimana dikatakan oleh Qatadah. Menurut ulama Syam 6226 ayat, sebagaimana dikatakan oleh Yahya ibn al-Harits ads-Dzumari.

Berdasarkan rujukan tersebut di atas, tidak ada satupun yang sampai angka 6300, apalagi 6666 ayat, sebagaimana yang populer diketahui oleh sebagian masyarakat baik dari kalangan awam maupun ustadz. Bahkan, ditegaskan oleh Prof. DR. H. Yunahar Ilyas, Lc., M.Ag. bahwa, dalam literatur yang dipercaya, terutama yang berbahasa Arab karya para  ulama Ulumul Qur’an, tidak ada seorangpun yang menyebutkan angka tersebut.[2]

Referensi:

  1. Teungku Muhammad Hasbi Ash-Shiddieqy,  Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, PT Pustaka Rizki Putra, Semarang, Mei 1997, hlm. 51.
  2. Yunahar Ilyas, hlm. 2-3
loading...

Postingan terkait: